Powered By Blogger

Friday, September 3, 2010

Kue Lapis

mailto:resepcampur.blogspot.com (ampun tuan rumah kerana pinjam gambar sekali paste kat sini..sekadar nak belajar buat masakan indonesia..nanti kalau tak ada gambar tak tau pulak bagaimana nak melapis...)

Sapa yang gak suka kue lapis, jajanan zaman SD dulu... Sampai sekarang tetap disukai.


Berikut resep membuat kue lapis, untuk mengenang masa kecil dan juga camilan lain buat anak-anak kita. Saya coba, lumayanlah tapi wanginya agak kurang karena nggak pake daun pandan, cuma pakai essen pandan.

Bahan :
950 ml santan (dari 1 1/2 butir kelapa), 1/2 sdt garam,
3 tetes essen pandan
250 gr tepung beras,
100 gr tepung kanji,
300 gr gula pasir.


Caranya :
Masak santan, garam dan daun pandan sampai mendidih sambil diaduk-aduk. Angkat, lalu sisihkan sampai agak dingin/hangat.
Campur tepung beras, tepung kanji dan gula, aduk sampai rata lalu tuangi santan hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai licin. Bagi adonan jadi 3 bagian. Sebagian dicampur dengan essen pandan hijau dan sebagian lagi dibiarkan berwarna putih.
Olesi loyang ukuran 20 x 20 cm dengan minyak. Didihkan air dandang, panaskan loyang selama 2 - 3 menit. Masukkan 50 ml adonan warna hijau ke dalamnya. Kukus dalam dandang tertutup selama 5 menit sampai agak mengeras. Setelah itu masukkan lagi adonan warna putih sebanyak 50 ml, ratakan ke seluruh permukaan kue, lalu kukus lagi selama 5 menit. Setelah mengeras masukkan adonan berwarna hijau. Ulangi melapis selang seling sampai seluruh adonan masuk ke dalam cetakan. Pada lapisan terakhir, tutup dengan penutup dandang yang dilapisi serbet agar kue lapis tidak kena air dandang. Kukus lagi selama 25-30 menit sampai seluruhnya matang.
Angkat, keluarkan dari dandang dan dinginkan. Potong-potong sesuai selera

1 comment:

PROGRAM AFILIASI HL8 said...

Hi kak,

Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

Terima kasih atas perhatiannya

merlyn